Inggit Garnasih Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional

Inggit Garnasih Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional

Kediri | pledoi.com

     Peringatan Hari Kartini di Rumah Masa Kecil Bung Karno, Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jumat (21/4/2017) kemarin terjadi hal sangat fenomenal.
Karena peserta upacara peringatan Hari Kartini di rumah masa kecil Bung Karno itu mengusulkan Inggit Garnasih sebagai pahlawan nasional.
Pada peringatan Hari Kartini yang digelar di rumah masa kecil Bung Karno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri itu berlangsung khidmat.
Ratusan peserta mengikuti upacara bendera dan kegiatan seminar. Namun ada yang menarik dan tidak seperti sebelumnya, yakni usai kegiatan upacara bendera usai dan seminar, para peserta antre menandatangani petisi yang mengusulkan Inggit Garnasih dikukuhkan sebagai pahlawan Nasional.
Kushartono, pengelola situs masa kecil Bung Karno mengatakan, Inggit Garnasih merupakan salah satu istri Bung Karno yang pada saat Bung Karno diasingkan penjajah Belanda dengan setia Inggit yang menemani Bung Karno di tempat pengasingannya.
Bahkan, selama 20 tahun Inggit Garnasih menemani Bung Karno dalam masa-masa sulit, yang pada saat itu merupakan masa perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.
“Inggit menjadi istri dan teman Bung Karno yang ikut mendorong memberikan semangat,” katanya.
      Lebih lanjut Kushartono menambahkan, di balik kemerdekaan bangsa Indonesia di dalamnya ada Soekarno. Sementara di dalam Soekarno ada wanita yang mendampinginya yakni Inggit Garnasih.
Keberadaan rumah masa kecil Bung Karno di Desa Pojok Kecamatan Wates Kabupaten Kediri ini telah diakui Yayasan Bung Karno sebagai salah satu situs sejarah jejak sejarah Soekarno.
Malahan Ketua Yayasan Bung Karno,          Guruh Sukarno Putra telah memberikan nama dengan sebutan Persada Sukarno.
Masih menurut Kushartono, Inggit Inggit pada tahun 1950-an pernah berkunjung ke Desa Pojok, dan dalam kunjungan itu, Inggit didampingi anak angkatnya yakni Ratna Juami serta Ibu Wardoyo, kakak Bung Karno.

Reporter : Aghna S.Alam
.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *