Dewan Pendidikan Soroti Sekolah Yang Mewajibkan Siswa Ikut SKAL

Dewan Pendidikan Soroti Sekolah Yang Mewajibkan Siswa Ikut SKAL

Kediri | pledoi.com
Dewan pendidikan Kota Kediri menyoriti sekolah yang selalu mawajibkan siswanya untuk mengikuti study tour maupun liburan ke luar kota  yang dibungkus dengan program  Studi Kenal Lingkungan (Skal).
Ketua Dewan Pendidikan Kota Kediri Heri Nurdianto menegaskan, selama ini pendidikan yang ada di Kota Kediri perkembanganya cukup bagus, namun hingga kini masih banyak ditemui adanya masalah yang sangat memberatkan orang tua murid yakni  masih adanya pungutan-pungutan di luar kewajaran yang memberatkan orang tua siswa.
Seperti pungutan perpisahaan, study tour atau Skal  yang dianggap memberatkan.“ Sebagian orang tua murid memang keberatan dengan seringnya kegiatan study tour atau Skal, makanya kami melakukan rekomemdasi kepada Walikota agar Skal itu dihapus,” kata Heri Nurdianto saat release Petisi Pendidikan di ruang Pasca Sarjana STAIN Kediri Senin (2/5/2017) siang.
Berdasarkan evaluasi dari Dewan Pendidikan, agenda Skal yang dilakulan sekolah selama ini dinilai tidak relefan dan kurang mendidik bagi anak sekolah, karena kebanyakan daerah yang dikunjungi tidak ramah bagi anak anak.” Coba kita evaluasi, anak seusia SD dan siswa SMP mengikuti Skal di Bali, apa yang didapat, padahal tempat itu banyak totonan pornografi, apalagi untuk.Skal pungutanya sangat tinggi dan sangat mbebani siswa.” lanjutnya.
Selain masalah Skal Dewan Pendidikan Kota Kediri menyoroti peran komite sekolah yang selama ini terkesan tukang setempel program sekolah.” Selama ini kewenangan komite sekolah hanya untuk meng amini keputusan sekolah, karena kewenanganya tidak jelas payung hukumnya,” tuturnya.
Dalam petisi pendidikan 2017 ini menurut Heri, akan direkomemdasikan kepada Wali Kota terkait kewenangan komite sekolah, karena idealnya komite itu merupakan mitra strategis untuk meajuan sekolah.” Sehingga kalau kebijakan sekolah yang dinilai tidak pro rakyat, komite harus berani menolak, ” tukasnya.
Pada Petisi Pendidikan yang dikeluarkan oleh Dewan Pendidikan Kota Kediri berisi 9 pokok putusan yang akan direkomendasikan.kepada Walikota Kediri.
Karena tupoksi Dewan Pendidikan adalah memberi saran, pendapat dan  masukan kepada Walikota terkait perkembangan pendidikan di Kota Kediri.
Sedangkan diantara isi dari petisi pendidikan itu  Pemerintah Kota Kediri diahrapakan segera membuat regulasi lokal yang mengatur kewenangan komite sekolah agar benar benar menjadi mitra strategis untuk kemajuan sekolah.(aji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *