Suryo Alam Hadiri Grebeg Suro Bumi Ngatas Angin

Suryo Alam Hadiri Grebeg Suro Bumi Ngatas Angin

Nganjuk | pledoi.com

Masyarakat Desa Ngetos Kabupaten Nganjuk melaksanakan grebeg suro pada hari Minggu (24/9/2027).
Agenda kebudayaan tahunan itu dibanjiri masyarakat Nganjuk dan sekitarnya, mereka sangat antusias ingin menyaksikan rirual jamasan pusaka dan sedekah bumi serta tolak balak.
Grebeg Suro itu menjadi agaknistimewa, karena dihadiri anggota DPR RI Komisi X. Moh.Suryo Alam yang akhir akhir ini namanya populer karena ia tercatat sebagai bakal.calon Bupati Nganjuk.
Politisi dari partai Gokkar pada moment perayaan tradisi jawa itu mengapresiasi kegiatan yang bertajuk ” Hidup Rukun Nguri Nguri Tradisi Warisan Leluhur”.
Disela.sela sela acara ritual Grebeg Suro kemarin figur bakal calon bupati Nganjuk asal Kediri itu memiliki konsep kedepan untuk mengemas Grebeg Suro Bumi Ngatas Angin ini bisa dijadikan icon budaya seperti yang dimiliki kota reog ponorogo.”Untuk menjadikan brand budaya lokal dibutuhkan kreator yang handal dan dukungan pemerintah daerah setempat sangat dibutuhkan,” ujar Suryo Alam saat berada dilokasi acara grebeg suro Minggu (24/9/2017) kemarin
Menurut dia, tradisi jamasan pusaka dan sedekah bumi serta tolak balak adalah bagian dari kekayaan seni dan budaya lokal yang kaya akan sejarah dan pesan moral yang disajikan dengan cara yang sakral. “Disana ada metode ritual khusus yang dilakukan oleh pinisepuh desa, ini budaya warisan leluhur pribumi jangan sampai ditinggalkan,” lanjutnya.

Sementara ketua panitia karnaval Grebeg Suro Mbah Agus mengatakan, ia berencana membuat inovasi baru dan berciri khas tersendiri dan tidak akan berkiblat dengan kesenian daerah lain. ” Kreasi kesenian saat ini masih perlu inovasi baru biar mudah dikenal masyarakat luas,” pungkasnya.

Reporter : Pakde Kamto
Editor.     : Aji Amrullah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *