Setelah Ada Kesepakatan Kompensasi, Konflik Warga Ngebrak Dengan PT Merak Jaya Berakhir.

Setelah Ada Kesepakatan Kompensasi, Konflik Warga Ngebrak Dengan PT Merak Jaya Berakhir.

Kediri | pledoi.com

Setelah ada kesepakatan kompensasi, konflik antara warga Desa Ngebrak Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri dengan PT.Merak Jaya Beton (MJB) berakhir.
Diantara kesepakatan itu perusahaan PT MJB mau memenuhi permintaan warga yang diwakili oleh paguyuban 25 warga Dusun Grompol, Desa Ngebrak kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri.
Penandatanganan kesepakatan antara warga Ngebrak dengan PT. MJB dilakukan di Polsek Gampengrejo pada Kamis (12/10/2017).
Kuasa hukum warga Ngebrak, Jesika Miranti mengatakan, jika konflik antara warga dan pihak MJB sudah selesai dengan beberapa permintaan warga yang sudah disepakati bersama. ” Diantaranya pihak MJB akan menghentikan kontraknya dengan pihak desa pada Februari 2018 mendatang.” katanya.
Selain itu, lanjut Jesica, dalam masa penghabisan kontrak hingga bulan februari 2018, PT. MJB memberikan bantuan CSR.” Dana CSR yang kita sepakati sebesar Rp 6 juta setiap bulan untuk dikelola paguyuban yang berjumlah 25 warga tersebut,” lanjut Jesika
Dengan ditanda tangninya kesepakatan tersebut, lanjut Jesica, PT MJB bisa melanjutkan produksi lagi, karena semua ijin yang dipunyai oleh MJB semua komplit.” Kalau dulu pernah ada penyelidikan polisi, namun ternyata tidak tidak ditemukan ada unsur pidana, sehingga laporan warga tidak bisa diteruskan, sehingga timbul solusi pihak MJB bisa beroperasi sesuai kesepakatan warga.
Bila nanti PT.MJB akan melanjutkan lagi kontraknya di desa Ngebrak Kecamatan Gampengrejo pada Maret 2018, maka PT MJB harus seizin paguyuban terlebih dahulu.dahulu.
Seperti diberitakan sebelumnya, berdirinya panrik beton PT MJB di Dusun Gromlol Ngebrak itu ditentang oleh warga setempat.
Karena wargaenganggap kepala Desa Ngebrak Saeroji telah berbuat curang terhadap warga Ngebrak.
Bahkan PT MJB terpaksa tutup dan disegel.oleh warga setelah tabung semen yang berkapasitas 30 ton bocor dan debu semen berhamburan menyelimuti rumah penduduk.

Reporter : Aghna Sultan Alam
Editor    . : Aji Amrullah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *