Dewan dan PMD Cek Lokasi di Desa Karangsemi

Dewan dan PMD Cek Lokasi di Desa Karangsemi

Nganjuk I pledoi

Dugaan penyimpangan anggaran Dana Desa yang dilakukan Puryani Kepala Desa Karangsemi, pada pelaksanaan pembangunan jalan paving di Dusun Pilangglenteng Desa Karangsemi Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk, Mendapat reaksi serius dari pihak terkait.
Menindaklanjuti perihal diatas, rombongan anggota Legislatif bersama Dinas PMD Kabupaten Nganjuk, turun ke lokasi melakukan pengecekkan.
Diikuti Kades Puryani dan perangkat desa setempat, rombongan melakukan pengecekan ke lokasi pembangunan jalan paving di Dusun Pilangglenteng, pada Kamis (9/11/2017) pukul 09.00 wib.
Saat dilokasi, Kades Puryani mengaku jika pengerjaan proyek jalan paving tersebut belum selesai. “Proyek jalan paving ini memang belum selesai karena anggaran Dana Desa (DD) belum cair semuanya,” akunya.
Selain itu, proyek pavingisasi ini tidak fokus pada satu titik lokasi, akantetapi berada di empat titik lokasi yang berada di Dusun Pilangglenteng rt 13 dan rt 14 Desa Karangsemi. Jadi jika yang tertulis dipapan informasi program dengan pekerjaannya tidak sesuai, itu karena dananya (DD) belum turun semua. Sehingga kami akan melakukan rapat dengan lembaga desa. “Dan kami akan membuat perubahan APDes-nya,”ujar Kades Puryani.
Menanggapi penjelasan ini Kepala Desa Karangsemi, Puryani, baik Legislatif maupun Dinas PMD tampak kecewa.”Tadi kami katakan pada Kades Puryani, seharusnya jika ada perubahan APBDes, dilakukan jauh hari sebelumnya,” seru Siti Fatimah, Kabid Keuangan dan Aset Desa Dinas PMD Kabupaten Nganjuk.
Senada juga disampaikan oleh Legislator Partai Hanura DPRD Nganjuk, Raditya Haria Yuangga (Angga..red). Menurutnya, pembuatan perubahan APBDes tidak bisa serta merta begitu, apalagi program ini sudah dilaksanakan dan saat ini sudah mendekati akhir tahun.”Kenapa begitu kita cek lokasi, Kades Puryani berdalih akan membuat perubahan APBDes,” ujar Angga.
Selain itu, pihaknya juga meragukan kualitas material yang digunakan dalam proyek pembangunan jalan paving tersebut. “Secepatnya kami akan mengajak konsultan untuk melakukan pengecekan ke lokasi,” seru Angga.
Diinformasikan sebelumnya, proyek pembangunan jalan paving di Dusun Pilangglenteng rt 13 dan rt 14 Desa Karangsemi, sepanjang 377 meter (377 m x 3,30 m) yang menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2017, ternyata tidak sesuai. Hal ini disinyalir dimainkan oleh Kades Puryani, namun dengan alasan anggaran DD belum turun seluruhnya, maka proyek pavingisasi belum selesai dikerjakan, sehingga Kades Puryani masih akan membuat perubahan APBDes.
Reporter : Pakde Kamto
Editor.     : Aji Amrullah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *