Sidak Pungutan Listrik Kepsek SMPN 1 Kertosono, diduga Menghindar.

Sidak Pungutan Listrik
Kepsek SMPN 1 Kertosono, diduga Menghindar.

Punjul Wahyudi ( baju merah motif), Ketua Komnas Pendidikan Jawatimur, saat melakukan Sidak diruang Kepala sekolah SMPN 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk.(foto: sukamto)

 

 

 

 

Nganjuk | pledoi.com

 Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk, Hariyanto, diduga menghindar saat berlangsung Sidak (Inspeksi Mendadak) oleh Komisi Nasional Pendidikan ( komnas pendidikan), pada Senin ( 13/11/2017) pagi pukul 09.00 wib.
Sidak oleh Komnas Pendidikan Jawatimur ke SMPN 1 Kertosono ini, terkait dugaan ‘pungutan listrik’ di lembaga sekolah tersebut, yang dilakukan oleh Hariyanto selaku Kepala Sekolah ( kepsek).
Namun tidak diketahui secara pasti, keberadaan Kepsek Hariyanto saat Sidak berlangsung. Baik wakil kepala sekolah maupun guru, tidak bisa memastikan keberadaan Kepsek Hariyanto, padahal menurut penjaga sekolah, Kepsek Hariyanto berada di sekolah sebelum berlangsungnya sidak.
“Tadi pagi bapak ( Kepsek Hariyanto) ada, tapi keluar lagi, katanya takziah, ibunya Kepsek SMPN 4 Kertosono Meninggal dunia,” ujar Pri, penjaga sekolah.
Saat sidak, Komnas Pendidikan hanya didampingi oleh wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan wakil kepala sekolah bagian kesiswaan. Akan tetapi keduanya mengaku tidak mengetahui secara detail terkait “pungutan listrik” tersebut, sehingga tidak bisa memberi keterangan.
Menurut Abdulloh, salahsatu wakil kepala sekolah, mengatakan bahwa, di lembaga sekolah ini, beban pembayaran listrik memang sangat besar. ” Sekitar 13 juta – 14 juta rupiah setiap bulannya, sebab masing- masing ruang kelas terpasang AC ( air conditioner) dan jumlah ruang kelasnya ada 27 ruang kelas, ” ujar Abdulloh.
Dengan besaran beban listrik yang harus dibayar setiap bulannya itu, Hariyanto selaku kepala sekolah bersama komite sekolah, diduga melalukan ‘pungutan listrik’ kepada walimurid melalui peserta didiknya.
Dalam keterangannya, Ketua Komnas Pendidikan Jawatimur, Punjul Wahyudi, mengatakan bahwa kegiatan Sidak kali ini tetap dilaksanakan meski tanpa ada Kepala Sekolah maupun Komite Sekolah, akan tetapi pihaknya akan melakukan Sidak lagi ke SMPN 1 Kertosono dan lembaga sekolah lainnya. “Secepatnya kita akan Sidak lagi ke SMPN 1 Kertosono ini,” terang Punjul.
Reporter : pakde kamto
Editor    . : Aji Amrullah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *